Tes Cepat Positif, 16 Warga Pontanakayyang Mateng Tunggu Hasil Uji Laboratorium

MATENG, – Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Mamuju Tengah (Mateng), Rahmat meminta warga tidak khawatir berlebihan soal hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi infeksi Virus Corona penyebab Covid-19.

“Kepada seluruh masyarakat Mamuju Tengah kami minta agar jangan terlalu takut berlebihan kalau ada positif menurut rapid test (tes cepat),” kata Rahmat. Selasa (14/4) dikutip dari laman Masalembo.com.

Rahmat menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat merupakan hasil pemeriksaan sangat awal yang mesti ditindaklanjuti dengan pemeriksaan laboratorium lanjutan menggunakan metode reaksi rantai polimerase (Polymerase Chain Reaction/PCR) untuk memastikan bahwa seorang pasien positif terserang Covid-19.

Ia mengimbau warga Pontanakayyang  dan daerah lain di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah tidak cepat panik dan bereaksi berlebihan ketika mengetahui hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat.

“Kita berharap seluruh masyarakat agar tetap siaga dan menjaga kesehatan tanpa panik berlebihan yang justeru bisa menurunkan imun tubuh kita,” katanya.

Sebelumnya, 16 warga di Desa Pontanakayyang, Kecamatan Budong budong, Kabupaten Mamuju Tengah dinyatakan positif setelah dilakukan tes menggunakan rapid tes.

Ke 16 warga tersebut merupakan orang yang pernah kontak dengan almahrumah yang meninggal karena positif Covid-19, sesuai dengan hasil swab.

Rencananya ke 16 warga tersebut akan kembali dilakukan tes swab dan akan di karantina mandiri. (Msl)

Rekomendasi Berita

Back to top button