Usulan Kecamatan Mekkatta Belum ada Realisasi

MALUNDA (MS) – Perjuangan Kecamatan Mekkatta, untuk menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat kembali menghangat setelah beberapa tahun tak kunjung ada realisasi.
Sejumlah tokoh penggagas yang pernah tergabung dalam tim pembentukan Kecamatan Mekkatta menyampaikan bahwa usulan tersebut telah memenuhi syarat administrasi, namun belum ada tindak lanjut sampai saat ini.

Salah seorang tokoh di desa Mekkatta mengungkapkan bahwa berkas usulan Kecamatan Mekkatta telah lama diserahkan ke DPRD Kabupaten Majene melalui komisi 1 namun, sampai saat ini belum ada kabar kelanjutannya sejak beberapa tahun silam.
“Secara admistrasi, Usulan Kecamatan Mekkatta telah memenuhi syarat karena kami yang antar langsung ke komisi 1 DPRD Majene dan kami diterima dengan baik”. Ucap mantan sekretaris tim pemekaran kepada mediasulbar.com.
beberapa desa yang tergabung kedalam usulan kec. Mekkatta tersebut antara lain desa Maliaya, desa Bambangan, desa Mekkatta Selatan, desa Lombong, serta desa Lombong timur. Itu telah memenuhi syarat administrasi untuk dibahas di DPRD.

Selain itu, salah seorang mantan aparat desa Mekkatta juga menyampaikan bahwa usulan pemekaran Kecamatan Mekkatta pada prosesnya hanya menunggu persetujuan mantan Bupati Majene, Fahmi Massiara. Namun terhenti karena almarhum meninggal dunia. “Lebih jelasnya, bisa di konfirmasi ke Kabag pemerintahan atau Kabag hukum pemkab Majene mengenanai hal itu, karena usulan kecamatan Mekkatta, telah memenuhi syarat dan sisa menunggu persetujuan eksekutif waktu itu.

Salah seorang tokoh desa Bambangan juga menyampaikan bahwa Usulan kecamatan Mekkatta telah melalui kesepakatan dan kesepahaman dari 5 desa untuk bergabung. “Usulan tersebut, telah melalui kesepakatan dalam beberapa pertemuan kami dengan tokoh tokoh di 5 desa yang tergabung tersebut. Se ingat saya, kami telah dua kali pertemuan sebelum berkasnya di antar ke DPRD. Ucapnya saat bincang 2 hari yang lalu.
Dikonfirmasi, mantan sekretaris tim pemekaran Kecamatan Mekkatta menyampaikan semoga hal itu bisa terwujud demi pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

“Akhir tahun 2013, kami antar berkasnya bersama mantan kades Mekkatta, dan diterima baik oleh komisi 1. Sehingga secara administrasi kami anggap sudah memenuhi syarat. Sehingga sejak itu, saya sudah tidak tau tindak lanjut nya kenapa belum juga terealisasi.” Ungkapnya. Upaya konfirmasi kepada komisi 1 DPRD Majene belum tersambung. Beberapa chat masuk belum terbaca atau terjawab.**

Penulis : Budi Bento MS

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button