Wali Kota Jayapura: Warga Antusias Sambut Peparnas Papua

Jakarta, – Masyarakat Papua antusias menyambut penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua yang akan digelar di dua cluster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura pada 2-15 November 2021.

“Masyarakat antusias untuk mempersiapkan dan menyongsong para duta-duta paralimpik yang akan bertanding,” kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam acara diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang bertajuk Peparnas XVI: Kesetaraan dan Prestasi Disabilitas pada Senin (1/11/2021).

Benhur memastikan bahwa kordinasi dan persiapan matang telah dilakukan, mulai dari upacara pembukaan yang akan digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura pada 5 November 2021, penyelenggaraan di venue- venue, hingga penutupan Peparnas pada 15 November 2021.
Benhur pun yakin bahwa penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua akan berjalan dengan aman dan nyaman.

“Persiapan-persiapan Peparnas XVI, kami sudah mengingatkan. Intinya adalah soal kemananan. Papua ini aman, Papua ini damai. Kita akan menyambut duta-duta Peparnas yang akan mengikuti iven di dua zona di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” ujar dia.

Persiapan pun telah dilakukan sangat baik mulai dari kesiapan fasilitas venue, penginapan, hingga transportasi untuk para atlet. Untuk fasilitas pendukung pun telah selesai dipasang.
Dimana setiap fasilitas tersebut dipastikan memiliki standar infrastruktur yang memudahkan mobilisasi para atlet mengikuti kompetisi.

Termasuk hotel- hotel yang harus memenuhi standar atau sesuai dengan rekomendasi dari National Paralympic Comitee Indonesia (NPCI) sebagai induk cabang olahraga penyandang disabilitas.

“Kami juga sudah persiapkan akomodasi dengan hotel- hotel. Karena ini kita harus melayani mereka dengan baik mulai mereka datang, dan juga mereka pulang. Juga mengenai konsumsi kepada mereka,” terang Benhur.

Papernas kali ini merupakan salah satu penyelenggaraan pesta olahraga yang digelar
di tengah pandemi COVID-19. Pelaksanaan protokol kesehatan ketat pun akan diterapkan seperti pelaksanaan PON XX Papua lalu.

Keberhasilan penyelenggaraan PON XX Papua tanpa adanya klaster baru COVID-19 harus menjadi contoh di Peparnas XVI. Benhur pun yakin bahwa penyelenggaraan Peparnas XVI akan sukses dan aman.

Terlebih status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Jayapura berada di level 2. Hal ini dikarenakan telah menurunya angka penyebaran COVID-19 di Kota Jayapura.

“Sekarang Kota Jayapura dari level 4 sudah turun pada level 2. Sekarang yang dirawat tinggal hanya 6 orang, dan ini tingkat kesembuhanya sangat tinggi di Kota Jayapura,” kata Benhur.

Benhur pun mencontohkan keberhasilan tersebut. Pada penyelenggaraan PON XX Papua ada 83 atlet dan ofisial yang dirawat akibat terpapar COVID-19. Namun hal ini dapat diatasi dengan baik. Mereka semua sembuh dan telah kembali ke daerahnya
masing- masing.

Peparnas Papua akan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Tak kurang dari 1.985 atlet dari 34 provinsi bersaing dalam pesta olahraga untuk atlet disabilitas terbesar di Tanah Air tersebut.

Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID
(Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).Kegiatan FMB9 juga
bisa diikuti secara langsung di FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID
(Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (FMB9/Isma/TR)
—-ooOoo—-

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button