Warga Sumringah, 157 Warga Tammero’do Utara Terima BLT

Kepala Desa Tammero’do Utara, Muliadi

MAJENERatusan warga Desa Tammero’do Utara, Kecamatan, Tammero’do Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, terlihat Sumringah usai menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) belum lama ini.

Proses penyaluran BLT-DD tahap V tahun 2021 dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tameroddo Utara yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Tameroddo Utara  Selasa, (6/06/2021).

Kepala Desa ( Kades) Tameroddo Utara, Muliadi.S.Pd. mengatakan, pembagian BLT DD tahap V berjalan normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah munculnya varian baru virus Corona.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut positif atas penyerahan dana BLT. Kami pun sebelumnya menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan anjuran Pemerintahan terkait virus Corona,” kata Muliadi.

Muliadi menguraikan, jumlah Kepala Keluarga (KK) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT itu mencapai 157 KK.

Dia menjelaskan, besaran anggaran yang diberikan ke pihak yang menerima BLT sebesar Rp 300 ribu per KPM tanpa  pengurangan sedikitpun dari pihak Pemdes.

” Dana yang dialih fungsikan dari sub bidang pembangunan fisik dan non fisik menjadi penanggulangan dampak Covid-19 ini, maka dari itu, dana itu harus benar-benar tersalurkan dengan baik tanpa pemotongan dari pihak manapun,” jelasnya.

Muliadi menambahkan, untuk menjunjung asas transparansi, maka proses pembagian bantuan selalu didampingi dan diawasi BPD, Babinsa, Babinmas dan unsur lainnya.

Tentu seluruh lembaga wajib dilibatkan agar tidak terjadi perasangka negatif terhadap pemdes,” ujarnya.

Selain itu,  demi menghidari kerumunan massa saat proses pembagian dilakukan, maka pemdes lebih awal mengumumkan agar warga tetap taat menjalankan perokes. ”Sebelum masuk ke ruangan para KPM kami berikan masker, disediakan tempat cuci tangan dan tempat duduk yang jaraknya telah ditentukan agar tidak terjadi kerumunan,” paparnya.

Ia berharap, langkah yang dilakukan pemerintah melalui BLT DD dapat membantu kebutuhan finansial para KPM.”

“Pencairan BLT-DD di Bulan Mei atau tahap ke-5, masih tetap berlanjut untuk di Bulan Juni akan datang dan akan segera di cairkan secepatnya. Kami pun berharap semoga di tahun ini Pandemi Covid-19 bisa segera berlalu,” tutur Muliadi.***

 

Penulis : Abd.Wahid

 

Rekomendasi Berita

Back to top button