“Wujudkan Rumah Tahanan Menjadi Hunian Nyaman Bagi Tahanan”

Mengenal Sosok Sukri sebagai Anggota Satuan TAHTI Polres Majene

Majene – Pemilik nama lengkap Sukri merupakan anggota polisi berpangkat AIPDA pada satuan tugas tahanan dan barang bukti (TAHTI) Polres Majene, Sulawesi Barat. Salah satu sosok polisi inovatif dengan menghadirkan perubahan pada lingkungan kerja yang diamanatkan kepadanya. Pria kelahiran Kota Makassar pada 25 desember 1980 ini resmi diangkat menjadi anggota kepolisian Negara Republik Indonesia sejak tahun 2000 atau masa tugasnya telah mencapai 22 tahun.

Sejak resmi berseragam coklat, Sukri mulai mengarungi babak baru dalam tugas kenegaraan dengan menempati tugas perdana di Polres pada Satuan SABHARA Polres Majene dan kemudian dipindah tugaskan ke Polsek Banggae pada tahun 2000 sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Totoli. Hanya berselang tiga tahun, Ia kemudian mendapat tugas baru sebagai Bhabinkamtibmas pada beberapa desa di wilayah hukum Polsek Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Bertugas di Polsek Malunda selama 18 tahun bukanlah waktu yang singkat. Saat itu, pria yang dikenal sosok humanis ini telah banyak berbuat yang terbaik selaku pengayom dan pelindung masyarakat. Salah satu tugas paling sensasional adalah sukses meredam konflik pemuda Desa Maliaya dan Desa Lombong pada tahun 2014. Sukri menjadi mediator dalam penanganan konflik antara dua kelompok pemuda di daerah itu. Negosiasi perdamaian kedua kubu yang bertikai berlangsung di area netral yakni Desa Mekatta Selatan. Upaya pencegahan konflik pun menuai hasil kesepakatan damai setelah mempertemukan kedua kelompok yang nyaris bertikai kala itu.

Selain itu, Sukri juga tercatat sebagai salah satu pemikir terbentuknya pembinaan sepakbola usia dini di Kecamatan Malunda. Banyaknya pesepakbola muda bertalenta di daerah penghasil buah durian ini pun kian bermunculan. Hal ini dilakukan agar talenta muda tersebut menjadi atlet pesepakbola profesional di masa mendatang. Saking cintanya pada pembinaan sepakbola, Sukri pun kala itu juga berinisiatif menyelenggarakan turnamen sepakbola dengan menghadirkan pesepakbola profesional dari berbagai klub divisi utama pada tahun 2016. Hal itu dimaksudkan untuk merangsang pesepakbola muda lokal agar memiliki motivasi tinggi untuk terus mengasah kemampuannya di dunia sepakbola.

Pada tahun 2016, Sukri dipindah tugaskan dari Polsek Malunda dengan menduduki promosi jabatan selaku Kanit Satuan Intelkam Polres Majene. Setahun kemudian, Ia kembali menduduki pos jabatan baru sebagai Kanit Binkitmas Polres Majene hingga tahun 2020. Ditahun yang sama dipercayakan menjabat Kanit Dikyasa SAT Lantas Polres Majene.

Aipda Sukri memberikan sambutan saat dipercayakan selaku Ketua Panitia Tabliq Akbar yang berlangsung di stadion Prasamya Majene.

Di tempat tugas inilah, Sukri bersama angkatan 2000 menggagas ide cerdas dengan merubah kegiatan yang dianggap biasa saja menjadi kegiatan reuni angkatan 2000 menjadi sangat bermakna. Maka tercetuslah kegiatan keagamaan Tabliq Akbar dengan menghadirkan Ustad Das’ad Latif pada tahun 2020. Kegiatan Tabliq Akbar yang dilakukan di Lapangan sepakbola Pramsaya Majene itupun sukses dan menuai berbagai tanggapan positif dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah pujian hangat dari Mantan Kapolda Sulbar, Brigjen (Purnawirawan), Baharudin Djafar.

Meniti karir sebagai aparatur Kepolisian Negara Republik Indonesia tentu di butuhkan karakter kuat agar pengabdian menjadi berkah dan benar-benar dirasakan manfaat yang lebih berkesan dan monumental dihati masyarakat itu sendiri.

Polisi yang profesional dalam harapan masyarakat adalah polisi yang mampu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Karenanya, mewujudkan institusi Polri yang propesional, mandiri dan akrab dengan masyarakat merupakan kebutuhan yang tidak terhindarkan lagi. Undang-undang No. 2 tahun 2022 tentang kepolisian telah menganut paradigm baru bagi Institusi Polri, yaitu kepolisian yang lebih berorientasi sipil. Perjalanan panjang yang sudah dilalui, diharapkan mampu membuat Polri semakin matang dalam mewujudkan civilian police, khususnya di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Membangun Polri sebagaimana harapan masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Harus kita akui polri trlah mampu berhasil menangani kasus criminal berdimensi Internasional, seperti terorisme, nerkoba, separtisme dan lain-lain.

“kunci utama keberhasilan sebagai anggota kepolisian diukur dengan adanya kepercayaan dari public. Kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga kepolisian memiliki citra yang baik dalam masyarakat. Ini akan menjadi tolak ukur saya dalam bekerja sebagai anggota kepolisisan di Polres Majene,” ucap Sukri memaknai peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara thun 2022 ini.

Saat ini, Sukri didapuk menempati pos jabatan baru sebagai bintara pda Satuan TAHTI Polres Majene. Ditempat ini, juga dibutuhkan kerja cerdas inovatif agar melahirkan perubahan, khususnya menjadikan rumah tahanan Polres Majene menjadi hunian yang nyaman bagi tahanan. Alhasil, belum genap sebulan menjalankan tugasnya, Ia pun mulai membenahi hal-hal kecil, menata sel tahanan menjadi tempat yang sangat bersih dan menjadikan tahanan taat beribadah.

Dimata para tahanan, Sukri lebih dekat dengan warga binaan Rutan Polres Majene lantaran kerap berbaur serta selalu memberikan motivasi kepada penghuni sel tahanan Polres Majene.

“Saya rasa adalah sosok polisi yang baik. Dibalik sikap tegasnya tersimpan perilaku mengayomi bagi warga binaan. Nasehatnya memberikan semangat baru bagi tahanan untuk segera berubah sikap setelah proses hukum ini kami jalani. Insya Allah kami bisa berubah menjadi lebih baik sehingga kita lebih bisa bernilai dan bermanfaat bagi orang lain,” kata Husain salah satu warga binaan Rutan Polres Majene.

Biografi Singkat
Nama : AIPDA SUKRI
Pekerjaan : Anggota Polri
Alamat : Lingkungan Leppe
Agama : Islam
Riwayat pekerjaan :
Banit Satuan TAHTI Polres Majene Tahun 2022
Kanit Dikyasa SAT Lantas Polres Majene Tahun 2021
Kanit Bintibmas SAT Binmas Polres Majene Tahun 2020
Kanit IV SAT Intelkam Polres Majene Tahun 2017
Kanit Intelkam Polsek Malunda Tahun Polres Majene 2015
Kanit Sabhara Polsek Malunda Polres Majene Tahun 2011
Bhabinkamtibmas Polsek Malunda Polres Majene Tahun 2006
Tanda Kehormatan :
Satya Lencana Pengabdian 16 tahun (tahun 2017)
Satya Lencana pengabdian 8 tahun (tahun 2008)

Akhirnya kami ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-76 tahun.
Semoga Polri semakin Berjaya !! Bravo Polri !! Salam Presisi !!

Penulis : Fauzan/AM

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button